Jumat, 31 Maret 2017

berbudidaya jeruk bali



                                                  CARA BUDIDAYA JERUK BALI DENGAN BENAR

Hasil gambar untuk gambar budidaya  tanaman jeruk bali



langkah langkah dalam budidaya jeruk bali adalah dengan cara berikut:


  • Penyiapan Lahan
       Seperti halnya pada tanaman lainnya, untuk penanaman jeruk bali juga membutuhkan lahan yang subur dan gembur. Untuk itu sebelum anda mulai menanam bibit jeruk bali anda, penggemburan bisa anda lakukan dengan cara mencangkul lahan dan mencampurnya dengan pupuk.Dalam pemetakan lahan yang akan ditanami masing-masing bibit, idealnya anda menyediakan petakan tanah sebesar 7×8 meter untuk tiap bibitnya. Hal ini bukan tanpa alasan karena saat bibit buah jeruk bali ini membesar, ketinggiannya dapat mencapai 5 meter. Tentunya dengan ketinggian sebesar ini maka rantingnya pun akan rimbun dan menutupi cahaya sinar matahari yang dibutuhkan oleh pohon jeruk bali ini. Untuk itu diperlukan petakan tanah yang cukup besar dan arah mata angin yang tepat untuk menumbuhkan pohon jeruk bali. Arah timur ke barat merupakan arah mata angin yang tepat bagi pohon jeruk bali supaya senantiasa tercukupi sinar matahari.
  • pembibitan
  •   Begitu penyiapan lahan anda lakukan beberapa minggu sebelum penanaman, kemudian giliran anda untuk menyediakan bibit buah jeruk bali yang baik. Untuk pembibitan ini memegang kunci penting dari hasil panen maksimal yang akan anda raih. Hal ini mengapa demikian ?? karena cara pembibitan pada buah jeruk bali ini sebagian besar dilakukan bukan dengan metode biji atau stek melainkan dengan cangkok.Dalam cara tanam untuk metode cangkok dipilih bukan tanpa alasan hal ini karena para petani bali memiliki pengalaman cara menanam yang baik dengan metode cangkok ini yakni masa buahnya yang tidak terlalu lama dan daya tahan pohon yang kuat. Untuk ciri bibit buah jeruk bali yang baik ini ialah batangnya yang lurus dari atas ke bawah serta diameter batang sekitar 2-3 cm.
  • Penanaman
       Begitu anda telah mendapatkan bibit jeruk bali yang tepat, kita saatnya anda untuk bercocok tanam bibit tersebut dengan teknik menanam yang tepat. Tanamlah masing-masing bibit di petakan tanah yang telah anda sediakan ( kurang lebih 7×8 m ). Adapun waktu kapan anda menanam dapat anda lakukan kapan saja karena buah jeruk bali dapat tumbuh di musim kering maupun musim hujan asalkan syarat tumbuhnya terpenuhi.
  • Pemupukan
       Untuk tahap pemupukan anda dapat lakukan selama maksimal 3x dalam setahun. Untuk pemupukan yang pertama dapat anda lakukan dengan menggunakan pupuk kandang ( antara bulan juli-agustus ). Sedangkan pada tahap pemupukan kedua dapat anda lakukan dengan pupuk NPK ( antara bulan Oktober hingga November ).Sedangkan untuk penyiraman perlu anda lakukan saat musim kering supaya pohon jeruk bali anda tidak kekurangan air. Dan untuk perawatan lainnya ialah dengan penyiangan ( pencabutan rumput liar ), pengusiran hama dan ulat sertya pembatasan jumlah ranting dan buah pada musim panen pertama.
  • Pemanenan
       Untuk panen besar mulai dapat abda nikmat setelah tahun ke-tiga, sebelum tahun ini memang buah jeruk bali telah tumbuh namun anda belum dapat memanennya karena anda harus memperhatikan aspek yang lebih utama di masa yang akan datang yakni pembatasan buah dan ranting supaya tumbuh maksimal di tahun berikutnya. Dan pada buah ini semakin tua umur pohon jeruk bali maka semakin banyak buah yang akan dihasilkan.                                                     semoga berkesan dan selamat mencoba.                                                                                  semoga berhasil dengan cara berikut ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar